Kawah Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di daerah Bandung dan sekitarnya . Wajar saja sih, hal ini dikarenakan pemandangan seputar gunung dan kawah Tangkuban Perahu yang indah dan memanjakan mata.

Gunung tangkuban perahu seolah-olah menjadi tempat yang wajib anda kunjungi kalau berlibur di Bandung. Tempatnya mudah dijangkau dan cukup unik lho. Kawah utama disini, kawah ratu, luas sekali. anda bisa menikmati pemandangan sekitarnya langsung dari bibir kawah.

Gunung Tangkuban Perahu dikenal dalam legenda Jawa barat yang terkenal, legenda Sangkuriang dan Dayang sumbi. Gunung ini disebut sebagai tangkuban perahu ( perahu terbalik) karena memang jika dilihat dari jauh terlihat seperti perahu yang terbalik. Anda bisa melihat bentuk ini dengan jelas dari daerah Maribaya Lembang.

Cerita rakyat tangkuban perahu ini cukup dikenal di Jawa barat. Cerita tangkuban perahu mengisahkan tentang Sangkuriang, seorang anak yang jatuh cinta pada ibunya, Dayang Sumbi. Agar keinginan Sangkuriang tidak terlaksana, Dayang sumbi mengajukan syarat untuk dibuatkan telaga dan perahu dalam satu malam. Dengan disertai usaha dari Dayang Sumbi, akhirnya sangkuriang gagal memenuhi syarat tersebut. Sangkuriang kemudian melampiaskan kemarahannya dengan menendang perahu yang baru setengah jadi.

Menurut legenda, perahu yang ditendang oleh Sangkuriang mendarat terbalik, dan menjadi gunung tangkuban perahu. Tunggul dari pohon yang ditebang dan dibuat menjadi perahu berubah menjadi gunung bukit tunggul.

Kompleks wisata kawah Gunung Tangkuban perahu berada di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, tepatnya setelah Cikole Lembang. Daerah wisata ini mudah sekali untuk di akses .

Kawah Ratu merupakan kawah utama di sini. Ukurannya luas sekali dan bisa dikatakan objek wisata utama dari kompleks wisata tangkuban perahu. Anda bisa langsung memarkir kendaraan di bibir kawah, jadi tidak perlu berjalan jauh untuk menuju lokasi.

Kawah Upas

Kawah upas merupakan kawah kecil yang berada dibagian atas dari kawah ratu. Sayangnya, akses menuju kawah upas ditutup oleh pengelola karena relatif berbahaya untuk pengunjung.

Kawah upas terletak di ujung jalan di sebelah kanan area kawah ratu (jika dari area parkir).

Cikahuripan

Merupakan sumber air yang dipercaya berkhasiat di tangkuban perahu. Letaknay sedikit masuk ke hutan, anda harus hiking mengikuti jalan setapak beberapa ratus meter dari gerbang kawah upas. Cikahuripan sering dikunjungi oleh orang-orang dengan niatan/kepercayaan tertentu.

Kawah Domas

Sebetulnya, di area tangkuban perahu juga terdapat kawah lain yang layak untuk dikunjungi yaitu kawah domas. Di area kawah ini anda bisa berendam lumpur belerang, karena memang kawahnya bisa didatangi langsung oleh pengunjung. Anda perlu hiking terlebih dahulu sebelum sampai ke lokasi.

Related Posts

If you enjoyed reading this, then please explore our other articles below:

Back to News