Objek wisata Kawah Putih terletak di daerah Bandung Selatan. Dikelilingi oleh kebun teh Walini yang indah dan terawat, disertai dengan suasana yang tenang dan segar amat memikat siapapun yang berlibur ke daerah ini.

Pada mulanya, area kawah putih dikenal sebagai area angker oleh masyarakat setempat. Namun seorang ahli berkebangsaan belanda, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pada tahun 1837 menyelidiki tempat ini dan menemukan adanya kawah berwarna putih dan indah. Sejak saat itulah area kawah putih mulai dikenal. Dimuali tahun 1087, area ini dikelola oleh pemerintah menjadi Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung.

Alamat Kawah Putih terletak di daerah Bandung selatan, tepatnya di jalan Soreang-Ciwidey, tepat setelah kebun teh Rancabali. Jaraknya kira-kira 50 KM dari pusat kota Bandung. Selain itu, saat ini terdapat akses tol melalui gerbang tol Soreang. Ini memangkas waktu tempuh ke area Ciwidey cukup lumayan. Dulu, kita harus melewati area macet cukup panjang. Sekarang, bisa langsung masuk ke area Soreang.

Jalan menuju kawah putih mudah di ikuti kok. Jika menggunakan aplikasi semacam Google maps atau Waze, anda bisa mengikuti rute yang diberikan dengan mudah. Rambu-rambu petunjuk arah juga sudah jelas banget. Lokasinya berada di pinggir jalan utama Soreang – Ciwidey, sehingga tidak akan terlewat oleh anda.

Jika menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan angkutan dari terminal leuwi panjang – terminal ciwidey, lalu disambung dengan angkot terminal ciwidey – situ patenggang, dan berhenti tepat di gerbang masuk kawah putih. Untuk akses ke kawah putih dari stasiun Bandung, sejauh ini tidak ada rute langsung. Anda bisa saja menggunakan kendaraan umum dengan menuju ke terminal Leuwi Panjang terlebih dulu. Tapi rasanya akan lebih mudah dan nyaman jika menggunakan rental mobil saja.

Salah satu fasilitas menarik di Kawah Putih Bandung adalah adanya dermaga kecil di tengah kawah, dengan akses jembatan apung. Objek ini terbilang unik, dan jadi salah satu spot berfoto favorit wisatawan yang berkunjung.

Related Posts

If you enjoyed reading this, then please explore our other articles below:

Back to News